Masalah Wirreless Broadcom pada Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Posted by Touya Blog On Selasa, 29 Desember 2009 2 komentar



Maros- Ngeblog lagi neh,,, setelah beberapa minggu saya tidak update lagi Blog saya ini.

Saat LAngit telah gelap, mata kian terpejam dan ada kata dari hati Kepingin lagi rasanya mengoperasikan Linux, tapi Lappy saya sudah menggunakan OS Windows, saya berfikir untuk melakukan Dual Booting pada Lappy saya, berhubung RAM 2Gb dan HDD 320Gb, jadi saya kira bisalah, soalnya OS Windows di Gunakan untuk mengoperasikan Aplikasi di Kantor Saya, jadi saya tidak bisa Remove begitu saja si Windows, jadi Dual Booting adalah jawabannya dan saya mencoba file Wubi.exe untuk menginstall Ubuntu 9.10 dan Automatic di buat Dual Booting. Tapi saying, belum beberapa hari udah gak bisa booting di Laptop saja, tapi semangat untuk kembali menggunakan Linux Ubuntu 9.10 Karmic Koala masih membara di dada, jadi saya Burning File Ubuntu Pemberian Teman saya dan Kemarin, saya menginstall OS Linux di

Lappy saya, berhubung saya sudah sangat lama tidak menyentuh Linux, jadi terkadang saya mengalami kesulitan pada OS tersebut, Lappy saya Compaq Cq20 dan Wirreless yang di gunakan adalah Broadcom, memang Wirreles Jenis ini kadang bermasalah pada Ubuntu (Entah pada Linux Yang Lain) Setelah selesai Menginstall saya check semua Partisi,Normal. Saya Check Hardware Drivers saya melihat kalau Wirreless tidak di detect dan tentu saja tidak bisa detect Wifi di sekitar saya, karena panic dengan keadaan seperti itu, karena Wirreless bagi saya sangat penting, seperti kebutuhan tiap hari jadi saya mencoba ketik di Console “Sudo lpci” dan ternyata Wirreless saya di Kenali. Jadi saya pinjam Lappy teman saya Bonsai namanya, saya pinjam Lappynya buat bisa browsing sana dan sini, jungkir balik, mengeluarkan segala retorika pada Daeng Google untuk bisa menunjukkan jalan yang benar, dan akhirnya ketemu juga, hampir saja Badik Keluar dari sarungnya(huft…)

Saya baca sana dan sini, Dahi makin mengkerut gara-gara banyak membaca.

Saya liat, kalau ada perintah untuk menginstall Hardware Drivers seperti ini :

sudo apt-get update [tekan enter]

sudo apt-get install --reinstall bcmwl-kernel-source [enter lagi]

dan silahkan restart.

Waktu saya gunakan File Wubi trick ini berjalan dengan lancar.

Tapi saying, saat saya membuat Dual Booting Manual dengan CD Ubuntu dan bukan File Wubi seperti Dulu, trick ini tidak dapat berjalan, saya tambah bingung dan Panic, wah, kalau gini caranya, saya tidak bisa OL tiap waktu dengan OS ini, tp seuanya pasti ada jalannya, saya cari sana sini, utak atik Console sampe Full Layer dan saya berfikir tentang CD Ubuntu tadi, mungkin itu bisa membantu, ku masukkan lagi CD Installer Ubuntu saya, dan akhirnya dapat juga. Carannya seperti ini :

>>> Masukkan CD Ubuntu 9.10 ke CD

>>> Ketik : sudo apt-cdrom add [tunggu sampai selesai]

>>> ketik lagi : sudo apt-get install dkms patch fakeroot bcmwl-kernel-source

>>> Restart

Jika selesai Restart, biasanya Wirreless anda otomatis menangkap Jaringan di Sekitar anda, jika belum, anda silahkan mencoba Check Hardware Drivers di Administrator >> Hardware Drivers

mengatasi masalah pada Wirreless di Ubuntu hanya seperti ini, trick ini berjalan 100% pada saya, mudah-mmudahan kalian juga.

>>>Keep Reading<<<






















Semoga artikel Masalah Wirreless Broadcom pada Ubuntu 9.10 Karmic Koala bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 2 komentar

Anonymous
4 Maret 2010 pukul 21.35

Banggax bonsai disebut namax...wkwkwk

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di Masalah Wirreless Broadcom pada Ubuntu 9.10 Karmic Koala
14 Maret 2010 pukul 05.45

Bangga iyya, krn yang sebut namanya adalah orang yang paling berpengaruh di Dunia IT.... Hahahahaaaa... (Lebay)

Terimakasih Blog Touya atas Komentarnya di Masalah Wirreless Broadcom pada Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Posting Komentar